Rabu, 12 Desember 2012

Apa sih itu Web? Web itu sih apa?

 

Alooohaaaa hha apa kabar semua? Kangen ya sama postingan aku? Muaha ._.v Okeh daripada ngelantur kemana man langsung ke materi yah. Kali ini saya mau menjelaskan sedikit tentang web, kalian tau kan web itu apa? Hah serius ga tau? Cupuuuu bangeet :p Yaudah sebelum dilemparin masa saya lanjutin ya penjelasannya. World Wide Web atau kalian sering mengenalnya dengan istilah Web ialah suatu layanan sajian informasi yang menggunakan konsep hyperlink (tautan), yang memudahkan surfer, bukan ini bukan untuk sebutan orang item yang suka naikin papan triplek di laut tapi ini untuk sebutan para pemakai komputer yang melakukan browsing atau penelusuran informasi melalui internet.

Web mengijinkan pemberian highlight (penyorotan/penggaris bawahan) pada kata-kata atau gambar dalam sebuah dokumen untuk menghubungkan atau menunjuk ke media lain seperti dokumen, frase, movie clip, atau file suara. Contohnya ini bisa di klik @egiiige maaf promosi twitter muehe (っ˘з˘)っ Web dapat menghubungkan dari sembarang tempat dalam sebuah dokumen atau gambar ke sembarang tempat di dokumen lain. Dengan sebuah browser yang memiliki Graphical User Interface (GUI), link-link dapat dihubungkan ke tujuannya dengan menunjuk link tersebut dengan mouse dan menekannya.




ini kakek moyang gueeeh :p

Penemu situs web adalah Kakek gue kira-kira penampakannya seperti photo di atas namanya Sir Timothy John Berners-Lee. Buseeeh namanya panjang banget kaya kereta odong-odong yah? -_- situs yang tersambung dengan jaringan pertama kali muncul pada tahun 1991. Maksud dari kakek gue ketika merancang situs web adalah untuk memudahkan tukar-menukar dan memperbarui informasi. Pada sesama peneliti di tempat ia bekerja pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana kakek gue bekerja) mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh publik. Gileee baik bener kan kakek moyang gue itu hha (*◠‿◠)

Situs web biasanya ditempatkan pada server web dan sebuah server web umumnya telah dilengkapi dengan perangkat-perangkat lunak khusus untuk menangani pengaturan nama ranah, serta menangani layanan atas protokol HTTP yang disebut dengan Server HTTP bahasa kerennya "HTTP Server" seperti Apache HTTP Server atau IIS (bukan bro ini bukan Iis Dahlia) tapi Internet Information Services.


Website mempunyai fungsi yang bermacam-macam tergantung dari tujuan dan jenis website yang dibangun, dan ini beberapa diantaranya :
Media Promosi sebagai media promosi dapat dibedakan menjadi media promosi utama, misalnya website yang berfungsi sebagai search engine atau toko online. Contoh toko online klik disini atau sebagai penunjang promosi utama namun website dapat berisi informasi yang lebih lengkap daripada media promosi offline seperti koran atau majalah.
Media Pemasaran pada toko online atau system afiliasi, website merupakan media pemasaran yang cukup baik karena dibandingkan dengan toko sebagaimana di dunia nyata untuk membangun toko online diperlukan modal yang relatif lebih kecil dan dapat beroperasi 24 jam walaupun pemilik website tersebut sedang istirahat atau sedang tidak ditempat serta dapat diakses darimana saja.
Media Informasi website portal dan radio atau tv online menyediakan informasi yang bersifat global karena dapat diakses dari mana saja selama dapat terhubung ke internet sehingga dapat menjangkau lebih luas daripada media informasi konvensional seperti koran, majalah, radio atau televisi yang bersifat lokal.
Media Pendidikan ada komunitas yang membangun website khusus berisi informasi atau artikel yang sarat dengan informasi misalanya Wikipedia.
Media Komunikasi sekarang banyak terdapat website yang dibangun khusus untuk berkomunikasi seperti forum yang dapat memberikan fasilitas bagi para anggotanya untuk saling berbagi informasi atau membantu pemecahan masalah tertentu misalnya forum xda developer.
Well, saya rasa sudah cukup, jari udah kera-keram soalnya buat ngetik. Ada yang mau mijitin? Engga ada? Yaudah saya pulang, thanks for coming and reading (:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...